Rabu, 06 November 2013

IDEOLOGI PANCASILA


Banyak macam ideologi di dunia ini . Hampir masing-masing negara mempunyai ideologi tersendiri yang sesuai dengan negaranya tersendiri . Karena ideologi merupakan suatu dasar , ide , atau sebuah cita-cita dari negaranya sendiri untuk dapat semakin berkembang dan maju . Namun dengan berkembangnya zaman , suatu ideologi negara tersebut tidak boleh hilang dan bisa tetap menjadi pedoman dan dapat tetap tertanam pada setiap warganya masing-masing .
Ideologi Negara Indonesia adalah PANCASILA . Ideologi pancasila ini dijadikan sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia dalam mengembangkan negara Indonesia dalam berbagai aspek . Dan dengan ideologi inilah bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya . Tapi negara kita ini sudah sangat mengakui bahwa ideologi yang kita pakai adalah Pancasila sebagai Ideologi terbuka . Sebagai mahasiswa kita pun seringkali menemukan pertentangan mengenai ideologi ini . Banyaknya pertanyaan yang menjadikan kita harus tanggap serta paham dalam masalah ideologi ini .
            Serta seiring dengan berjalannya waktu , semakin maju zaman , semakin maju pula teknologi . Semakin banyak tingkah laku dikalangan pejabat maupun sebaliknya atau rakyatnya . Mereka bertindak tidak sesuai dengan ideologi pancasila yang sudah ada . Itu disebabkan oleh beberapa faktor , yaitu mengapa bangsa kita sedikit melenceng dari ideologi luar atau ideologi selain dari pancasila , tetapi masyarakat bangsa indonesia masih kurang mengerti ideologinya sendiri bahkan tidak tahu sama sekali .
            Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan IDEOLOGI itu sendiri ? Ideologi merupakan kumpulan ide atau berupa gagasan . Tujuan paling utama dibalik sebuah ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran yang normatif . Dan tahukan kalian mengapa ideologi menjadi hal yang penting suatu bangsa dan negara ? Ya , pada dasarnya manusia warga negara senang hidup berkelompok . Mereka pun tentunya mempunyai pandangan hidup yang berbeda beda . Oleh karena itu diperlukan penyesuaian pandangan hidup , sehingga dapat terbentuk pandangan hidup kelompok yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan .
            Dan saran saya tentang ideologi pancasila ini , kita sebagai warga negara yang baik seharusnya sudah sewajarnya kita bisa mengetahui apa Ideologi kita sebagai bangsa Indonesia . Bahwa pancasila ini mempunyai arti sangat penting bagi kehidupan masyarakat bangsa Indonesia . Pancasila tidak akan terus menerus membawa bangsa kita kedalam kehancuran namun masih bisa dan mampu untuk bertahan menghadapi kemajuan jaman akhir-akhir ini , karena pancasila mempunyai nilai-nilai positif bagi kehidupan kita .

Tidak ada komentar: